fatah

fatah

Selasa, 15 Februari 2011

Tipe Data dan Struktur Data


Pengertian Tipe Data


Sebuah tipe data dalam bahasa pemrograman adalah:
serangkaian data dengan nilai yang mempunyai karakteristik yang telah ditentukan. Contoh tipe data: integer, boolean, karakter , string, dan pointer. Biasanya, jumlah terbatas jenis data tersebut sudah ada pada bahasa. Bahasa biasanya menetapkan rentang nilai untuk tipe data yang diberikan, bagaimana nilai-nilai yang diproses oleh komputer, dan bagaimana mereka disimpan.

Tipe Integer
Tipe data ini digunakan untuk menyatakan bilangan bulat karena tidak mempunyai titik decimal sehingga tidak diperbolehkan menggunakan karakter koma antara dua bilangan.

Tipe Data String
Data yang bertipe string adalah data yang berisi sederetan karakter yang banyaknya karakter bisa berubah-ubah sesuai kebutuhan, yaitu dari 1 sampai 255 karakter. Tipe data string yang tidak dinyatakan panjang karakternya dianggap mempunyai 255 karakter.

Tipe Data Boolean
Adalah tipe data yang hanya bernilai benar (true) atau salah (false).  Jangkauan (nilai yang mungkin) hanya 2 yaitu true atau false.

Tipe Data Pointer
Tipe data pointer ini merupakan tipe data yang berisikan alamat memori dimana data disimpan


Struktur Data


Struktur data adalah cara menyimpan atau merepresentasikan data didalam komputer agar bisa dipakai secara efisien. Sedangkan data adalah representasi dari fakta dunia nyata. Fakta atau keterangan tentang kenyataan yang disimpan, direkam atau direpresentasikan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, sinyal atau simbol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar